Aset DAO Tembus $25 Miliar Untuk Pertama Kalinya

Sumber: Blocklr

Aset decentralized autonomous organization (DAO) berkembang pesat dan baru saja berhasil mencapai rekor baru. Menurut informasi dari platform data DAO pada tanggal 31 Maret, total asetnya mencapai $25,1 miliar.

Aset ini merupakan jumlah total aset yang dapat digunakan DAO atas kebijakannya sendiri. Ini tidak termasuk aset yang dikelola DAO namun tidak dimiliki seperti akun staking dan reward fee.

Menurut DeepDAO, sekitar $22 miliar dari aset tersebut likuid dan $3,5 miliar disiapkan untuk vesting.

Total aset DAO. Sumber: deepdao.io

Selain itu, angka $25,1 miliar mewakili sekitar 40% dari total nilai yang terkunci untuk semua DeFi seperti yang dilaporkan oleh DeFiLlama. Saat ini, nilainya mencapai $61,7 miliar setelah naik 39% sejak awal tahun.

Hebatnya, aset dalam kas DAO telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak awal tahun 2023. Ini bukan hal yang mudah untuk pasar yang sedang mengalami bear market.

DeepDAO

DeepDAO adalah mesin eksplorasi dan analisis untuk ekosistem DAO. Mesin ini berfungsi untuk mencatat dan menganalisis data keuangan serta tata kelola. DeepDAO melaporkan bahwa terdapat 12.108 DAO, 2.353 di antaranya dianalisis oleh platform ini.

“Hingga saat ini, Uniswap dan BitDao adalah yang terbesar dengan lebih dari $2 miliar. Sekarang dengan tambahan Optimisme, Arbitrum, Polygon, kami memiliki banyak sekali DAO yang sangat besar,” jelas Daniel Bar dari DeepDAO.

Optimism Collective adalah pemimpin dalam hal dana kas dengan $5,5 miliar dan memiliki pangsa pasar sebesar 22%. Optimisme adalah penyedia solusi layer-2 Ethereum terpopuler kedua setelah Arbitrum One, menurut L2beat.

Namun, Arbitrum memiliki kas DAO yang sedikit lebih rendah dengan $ 4,4 miliar dan pangsa sebesar 17,5%. DAO lainnya yang termasuk dalam lima besar termasuk BitDAO, Uniswap, dan Polygon dengan aset masing-masing $2,6 miliar, $2,5 miliar, dan $1,5 miliar.

DeepDAO juga melaporkan bahwa DAO yang paling aktif selama seminggu terakhir adalah PancakeSwap dengan 66 putusan. Jumlah total putusan yang dibuat untuk semua DAO yang dianalisis selama sebulan terakhir adalah 3.300, turun dari 3.700 putusan di bulan Februari.

Baca Juga: Blockchain.com Bantah Klaim Penjualan Aset

Hardianti

Hardianti

Lulusan sarjana Fisika Universitas Hasanuddin. Menggeluti bidang penulisan artikel dan transkrip.

Artikel Lainnya:

Advertisement