K33 Research: Ethereum Akan Ungguli Bitcoin Setelah Peluncuran ETF

Sumber: Token Metrics

Menurut analis K33 Research, peluncuran Ether spot exchange-traded fund (ETF) dapat membuat mata uang kripto ini mengungguli Bitcoin dalam beberapa minggu setelah diluncurkan di Amerika Serikat.

ETF yang rencananya akan diluncurkan pada 8 Juli, adalah “golden egg” untuk harga ETH. Sementara itu, Bitcoin akan menghadapi tekanan jual karena dana sebesar $8,5 miliar dikembalikan kepada kreditor bursa Mt. Gox mulai minggu ini. Analis K33, Vetle Lunde dan David Zimmerman, menjelaskan hal tersebut dalam sebuah laporan pada 2 Juli.

ETH telah mencatatkan performa yang buruk terhadap Bitcoin selama lebih dari satu tahun. Mata uang kripto ini membukukan keuntungan terbesar dalam market yang didukung oleh lebih dari $14 miliar aliran dana ke exchange-traded products Bitcoin tahun 2024.

Pendapat Para Analis

Lunde dan Zimmerman memperkirakan ETH “akan turun sesaat setelah peluncuran ETF”, tetapi inflow ke dana kemungkinan akan mendukung harga ETH.

“Kami mendukung pandangan bullish ETH untuk mengantisipasi net inflow yang setara dengan 0,75-1% dari suplai ETH yang beredar dalam lima bulan setelah peluncuran.”

Para analis mengatakan bahwa market masih “tidak setuju” dengan posisi mereka. Hal ini merujuk pada perdagangan Ether berjangka yang relatif lebih murah dibandingkan dengan Bitcoin berjangka. Tidak hanya itu, harga ETH relatif lebih murah dibandingkan dengan harga Bitcoin yang diperdagangkan dengan harga 1 ETH untuk 0,055 BTC.

Harga ETH Turun

Nilai ETH telah mencatat penurunan yang stabil dibandingkan dengan Bitcoin selama 12 bulan terakhir, jatuh ke level terendah tahunan 0,045 pada 24 Mei.

Harga ETH/BTC telah turun sejak tahun lalu, hanya berbalik naik setelah persetujuan ETF ETH. Sumber: TradingView

Lunde dan Zimmerman menjelaskan bahwa minat terhardap Ether berjangka “tak henti-hentinya”. Hal ini terlihat pada banyak trader mengambil leverage dalam jumlah besar untuk bertaruh pada potensi pergerakan harga ETH menjelang peluncuran ETF.

Minat terhadap ETH futures telah melonjak menjelang peluncuran ETF. Sumber: K33 Research

Baca Juga: Suplai Ethereum Meningkat Selama 73 Hari Berturut-Turut

Hardianti

Hardianti

Lulusan sarjana Fisika Universitas Hasanuddin. Menggeluti bidang penulisan artikel dan transkrip.

Artikel Lainnya:

Advertisement