SEC Tunda Putusan Pembukaan Trading Opsi ETF Bitcoin Spot

Sumber: The Block

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) telah menunda keputusannya terkait persetujuan trading opsi pada spot Bitcoin exchange-traded funds (ETF).

Dalam pengajuan tanggal 6 Maret, SEC memperpanjang waktunya untuk menanggapi Cboe Exchange dan Miami International Securities Exchange atas tawaran mereka untuk menawarkan opsi pada ETF Bitcoin.

SEC juga menunda memutuskan tawaran Nasdaq untuk menawarkan opsi pada iShares Bitcoin Trust (IBIT) milik BlackRock. Komisi tersebut menjelaskan bahwa penundaan dilakukan untuk memastikan mereka memiliki “waktu yang cukup untuk mempertimbangkan” permintaannya.

Ditunda 45 Hari

Semua bursa mengajukan untuk mendaftarkan opsi ETF Bitcoin pada 25 Januari dan SEC menghadapi tenggat waktu putusan pertamanya pada 10 Maret. Hal ini sesuai dengan undang-undang sekuritas AS yang memberikan waktu 45 hari untuk memutuskan atau menunda keputusan tentang masalah tersebut.

Penangguhan ini memberikan waktu 45 hari lagi kepada badan tersebut untuk mengambil keputusan akhir hingga tanggal 24 April.

Lampiran yang disorot dari pengajuan SEC yang menyebutkan perlunya “waktu yang cukup” untuk memutuskan apakah akan mengizinkan trading opsi ETF Bitcoin. Sumber: SEC

Trading Opsi ETF Bitcoin

Opsi adalah produk turunan yang memberikan leverage kepada para trader dan memungkinkan mereka membuat prediksi di pasar.

Jika seorang trader berpikir harga Bitcoin akan naik, mereka dapat membayar premi, membeli “call option” dan setuju untuk membeli 1 BTC dengan harga hari ini dalam waktu satu bulan sambil menyimpan lebih sedikit uang daripada yang dibutuhkan untuk membeli 1 BTC.

Jika Bitcoin naik selama sebulan, trader dapat menggunakan opsi mereka, membeli Bitcoin dengan harga yang lebih rendah dan mungkin menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Jika turun, mereka mungkin akan membiarkan kontrak berakhir dan kehilangan premi yang dibayarkan.

Baca Juga: Keputusan ETF Ethereum Spot Blackrock Ditunda SEC Hingga Maret

Hardianti

Hardianti

Lulusan sarjana Fisika Universitas Hasanuddin. Menggeluti bidang penulisan artikel dan transkrip.

Artikel Lainnya:

Advertisement