Siap Withdraw! Pengembang Ethereum Konfirmasi Epoch Untuk Fork Shapella

Sumber: Unsplash

Validator Ethereum dapat segera melakukan penarikan (withdrawal) Ether dari Beacon Chain. Hal ini terjadi karena hard fork Shapella yang akan diaktifkan di mainnet Ethereum epoch 194.048 pada tanggal 12 April pukul 22:27 UTC.

Penarikan akan diaktifkan oleh Ethereum Improvement Proposal EIP-4895 dengan “pushing” Ether yang di-staking dari Beacon Chain ke Ethereum Virtual Machine (EVM).

Epoch, slot, dan waktu dikonfirmasi setelah diskusi selama seminggu antara anggota Ethereum Foundation. Diskusi tersebut dipimpin oleh pengembang inti Ethereum, Tim Beiko.

Tim Beiko menyarankan 3 kombinasi epoch, slot, dan waktu kepada anggota EF dua minggu yang lalu. Sumber: Ethereum.org

Meskipun hard fork memungkinkan penarikan sebagian dan penuh, beberapa mekanisme telah disiapkan untuk memastikan lonjakan Ether tidak mengganggu market.

Saat ini tercatat 17,81 juta Ether yang di-stake di Beacon Chain. Dengan harga $1,776, berarti $31.6 miliar dapat dibuka secara bertahap dari waktu ke waktu.

Staked Ether ditambahkan ke Beacon Chain sejak Desember 2020. Sumber: Beaconcha.in.

Meskipun Ethereum Foundation menggambarkan uji coba terakhir di Goerli “lancar”, namun ada penundaan waktu aktivasi yang cukup lama. Hal ini terjadi karena banyak validator yang tidak memperbarui perangkat lunak klien mereka.

Namun, Beiko yakin hal itu tidak akan menjadi masalah karena validator Ethereum akan mendapatkan insentif ekonomi untuk melakukan pembaruan mainnet.

Hard Fork Utama Ethereum

Melalui EIP-4895, Shapella berhasil menjadi hard fork paling signifikan di Ethereum sejak Paris mengubah mekanisme konsensus jaringan dari proof-of-work menjadi proof-of-stake pada 15 September.

Sebelumnya, London memperkenalkan EIP-1559 pada Agustus 2021, dengan biaya awal yang harus dibayar pengguna sebagai pengganti metode lelang harga yang lama. Meskipun validator masih menerima hadiah blok dan tip, namun biaya awal akan di-burn agar Ether mengalami deflasi dari waktu ke waktu.

Berlin mengoptimalkan biaya gas untuk beberapa tindakan EVM pada April 2021. Sementara itu, Beacon Chain Genesis menandai blok pertama yang diproduksi pada rantai proof-of-stake pada 1 Desember 2020.

Terakhir, pada bulan Desember 2019, Istanbul meningkatkan ketahanan serangan denial-of-service. Selain itu, juga membuat solusi penskalaan layer-2 berdasarkan SNARK dan STARK menjadi lebih baik.

Ethereum Foundation juga mengumumkan minggu lalu bahwa mereka menggandakan hadiah untuk setiap bug yang ditemukan dalam kode Shapella. Bounty yang berhasil dapat menerima hadiah antara $2,000 dan $250,000, tergantung pada seberapa “kritis” bug tersebut.

Baca Juga: Layanan Staking Ethereum Rocket Pool Tembus $1 Miliar di TVL

Hardianti

Hardianti

Lulusan sarjana Fisika Universitas Hasanuddin. Menggeluti bidang penulisan artikel dan transkrip.

Artikel Lainnya:

Advertisement